Ribuan Masyarakat dan TNI Hadiri Puncak Hari Keluarga Nasional Ke XXIV


author photo

22 Agu 2017 - 20:18 WIB


LHOKSEUMAWE --- Ribuan masyarakat Kota Lhokseumawe dan TNI jajaran Korem 011/Lilawangsa menghadiri Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi Aceh Ke XXIV Tahun 2017, di Lapangan Jenderal Sudirman, Jln. Iskandar Muda, Desa Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Selasa 22 Agustus 2017.

Kegiatan puncak hari Keluarga Nasional Tahun 2017 bertemakan. "Dengan Hari Kelurga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Kelurga Yang Berketahan," menampilkan berbagai kegiatan seperti Drum Band yang diperagakan oleh Siswa/siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN-1) Banda Sakti dan dilanjutkan dengan Tarian Khas Aceh yaitu Ranup Lampuan.

Dalam sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh, Darwati A. Gani menyampaikan, ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada hari ini.

Selain itu, Sejalan dengan semangat tersebut, peringatan hari keluarga Nasional ke XXIV provinsi Aceh di kota Lhokseumawe tahun 2017 ini, mengambil tema dengan hari keluarga Nasional kita bangun karakter bangsa melalui keluarga yang berketahanan.

Keluarga, tambah Darwati A. Gani, dianggap pantas dijadikan wahana untuk memberi kenyakinan bahwa fungsi keluarga merupakan salah satu jawaban terbaik dalam menjalani tantangan hidup yang semakin kompleks untuk membentuk masyarakat yang beriman, berkarakter, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera. 

"Saya mengharapkan agar dana Desa sedikit dibantu untuk membantu kegiatan PKK yang ada di Desa untuk melaksanakan kegiatan PKK agar lebih baik kedepan", harap Ketua Tim Penggerak PKK dihadapan Gubernur Aceh, Walikota dan Bupati Seprovinsi Aceh, 

Pada kegiatan yang sama, Wali Kota Lhokseumawe Suhaidi Yahya mengucapkan selamat datang kepada Kepala BKKBN-RI, DR. Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D beserta rombongan, semoga Bapak merasa Nyaman selama berada di Lhokseumawe.

"Selamat datang kepada Gubernur Aceh yang telah datang ke kota Lhokseumawe walaupun kegiatan beliau sangat sibuk bisa menghadiri pembukaan Harganas Tingkat Propinsi Aceh pada hari dan insyaallah besok pagi akan membuka Gampong Ekspo Tingkat Kota Lhokseumawe," ujarnya.

Lanjutnya, Hari ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami karena Kepala BKKBN Provinsi Aceh telah berkenan menjadikan Kota Lhokseumawe sebagai Tuan Rumah peringatan HARI KELUARGA NASIONAL  XXIV tingkat Provinsi Aceh, pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bersama Ketua TP-PKK serta Instansi terkait terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang delapan fungsi keluarga melalui kegiatan Bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia.

"Selanjutnya, tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada bapak Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono yang telah memberikan fasilitas Lapangan untuk suksesnya kegiatan ini," tuturnya.

Selanjutnya Dalam sambutan Kepala BKKBN-RI, DR. Surya Chandra Surapaty, M.P.H PH.D mengatakan, BKKBN tahun ini dalam peringatan Harganas sudah memasuki tahun ke-24, BKKBN mengajak keluarga Indonesia untuk berkumpul, berinteraksi, berdaya, serta peduli, dan berbagi. 

Selain itu, Peringatan Hari BKKBN menjadi momentum bagi setiap keluarga Indonesia untuk kembali berkumpul bersama keluarganya, berinteraksi dengan keluarganya bercengkerama, bertukar pengalaman secara langsung dengan komunikasi yang berkualitas, serta upaya mewujudkan keluarga sejahtera harus dimulai sejak perencanaan keluarga.

Kepala BKKBN-RI Mengharapkan, agar keluarga Indonesia kembali kepada penerapan delapan fungsi keluarga yaitu, Melalui nilai-nilai revolusi mental yang ditanamkan dalam keluarga, setiap individu diharapkan dapat lebih mengenal karakternya dan kembali menjalankan 8 fungsi keluarga, sehingga dapat menciptakan keluarga bahagia sejahtera, dan juga peran penting pembangunan karakter.

Diakhir kegiatan, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, dalam sambutannya menitipkan pesan kepada Walikota dan Bupati agar Kepala Desa untuk sedikit dibantu Dana Desa untuk kegiatan perempuan Didesa, seperti kegiatan Posyandu.

"Dibantu dengan cara tidak melanggar aturan hukum yang berlaku. Kita selaku orang tua harus merawat, mendidik anak kepada hal hal yang positif, agar generasi Si'anak menjadi lebih baik, mari kita menjaga dan membatasi cara bergaul si anak," ujarnya.

Selain itu, mari kita melakukan upaya revolusi mental dimulai dari keluarga untuk mendukung upaya penanaman mental dan karakter yang sesuai dengan kepribadian Bangsa dan Agama, karena keluarga merupakan pilar pembangunam bangsa, keluarga adalah lingkungan utama untuk laksanakan asah asih dan asuh, dan keluarga memiliki potensi yang menjanjikan dalam membangun karakter generasi bangsa, mengingat pentingnya peran keluarga dalam pembangunan suatu bangsa, pungkas Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Hadir pada Hari Keluarga Nasional Ke XXIV antara lain, Kepala BKKBN RI. DR. Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D, Gubernur Aceh drh. Irwandi Yusuf,M. Sc beserta Ny. Darwati A. Gani, Kepala BKKBN Aceh, dr M. Yani M.Kes, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono yang diwakili oleh Kasrem 011/LW Letkol Inf Sofanuddin, Dandim 0103/Aut Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Wakapolres Lhokseumawe Kompol Moch Irsayadi, Kajari Lhokseumawe Muklis, SH, Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Ade Prasetia, Dansat Radar 231/LSW Mayor Lek Amrico, Ketua MPU Kota Lhokseumawe Drs. Tgk. H. Asnawi Abdullah, MA, Wali Kota Seprovinsi Aceh, Kepala BKKBN Kab/Kota Seprovinsi Aceh, serta 1.000 orang tamu undangan yang hadir. [Laung]

KOMENTAR