11 Bulan Jalan Kaki, Pria Ini Ingin Idul Adha di Aceh


author photo

2 Sep 2017 - 09:59 WIB


JAKARTA --- 11 bulan sudah Safir berjalan kaki menyusuri Pulau Sumatera. Berteman seekor anjing, pria asal Bekasi, Jawa Barat, ini berencana akan mengakhiri perjalanannya di titik nol Indonesia yakni Sabang.

Safirul Islami, demikian nama lengkap lelaki berusia 28 tahun ini. Akhir September 2016 silam, ia memutuskan pergi dari rumahnya.

"Saya ingin kembali ke nol. Gue pikir Sabang sangat tepat. Karena paling ujung Indonesia ada titik nolnya," ujar Safir ketika ditemui di jalan lintas Gunung Parau, Aceh Besar, Kamis, 31 Agustus 2017.

Dan tahun ini, bertepatan dengan hari raya Idul Adha, Safir berencana akan berlebaran di Banda Aceh.

"Mudah-mudahan bisa salat hari raya di Masjid Baiturrahman. Saya belum pergi sama sekali ke sana," ujarnya, sebagaimana dilansir viva.

Safir mengaku, awalnya ia hendak berkeliling Indonesia, dengan tujuan ingin menyelesaikan proyek seni performance art yang dilakoninya. Namun sementara baru ke Aceh dulu.

Disinggung mengenai pendanaan, Safir mengaku telah mempersiapkannya selama tiga tahun sebelum aksinya berjalan kaki dimulai. 

Setelah semuanya siap, Safir pun meminta restu dari kedua orangtuanya. Berbekal itulah, Safir pun nekat menjelajah Pulau Sumatera. [Monanda Phermana]

KOMENTAR