Sejumlah Lembaga di Simeulue Lakukan Aksi Solidaritas Kemanusiaan untuk Rohingya


author photo

8 Sep 2017 - 21:15 WIB


SIMEULUE --- Prihatin dan mengutuk keras atas tragedi yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar beberapa hari yang lalu, sehingga mengetuk pintu hati masyarakat Kabupaten Simeulue melakukan dalam aksi Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Simeulue Peduli Rohingya.

Kegiatan tersebut diprakarsai DPD KNPI Simeulue dan Seluruh OKP terdiri dari Sapma, FKPPI, PP, Pemuda Muhammadiyah, IPM, BKRMI, BM PAN, AMPG, BMI, NA dan dibantu oleh OSIS SMU 1 Simeulue Timur, OSIS SMU 2 Simeulue, OSIS SMK 1 Simeulue, Pramuka, dan Group Mancing Band yang ada di Kabupaten Simeulue, Jumat (08/09).

Aksi penggalangan dana dengan sasaran penguna jalan serta pertokoan dilaksanakan di dua titik berbeda yakni Pusat Kota Sinabang Simpang Lima dan pertigaan simpang BSM Lampu Merah serta dilakukan selama empat hari diakhiri dengan doa bersama yang dipusatkan di halaman Mesjid Agung Baiturahmah Kota Sinabang.

Ketua DPD KNPI Simeulue Herman Hidayat, SH selaku Koordinator mengharapkan bantuan umat Islam di Kabupaten Simeulue, untuk membantu saudara kita Rohingya yang saat ini ditindas oleh aparat Myanmar.

"Mereka (Rohingya-Rad) membutuhkan bantuan kita sesama Muslim, agar mereka merasakan kebahagiaan, senyum mereka adalah senyum kita, bantuan yang akan dikumpulkan ini untuk diberikan kepada mereka, mereka kedinginan tidak ada tempat teduh dan makan minum," ujarnya.

"Masyarakat Kabupaten Simeulue mengutuk keras tindakan pemerintah Myanmar saat ini, derita Myanmar saat ini bisa kita saksikan di televisi, Facebook, Instagram maupun berita lainnya. Muslim itu satu, cuma dibatasi oleh laut dan daratan, peristiwa di Rohingya adalah  kejahatan kemanusiaan, pembantaian yang dilakukan oleh aparat Myanmar telah mencabut nyawa ribuan warga Rohingya dan aksi penggalangan dana ini untuk saudara kita Muslim di Rohingya sebagai gerakan kemanusian dengan sasaran para pengguna  jalan," lanjut Rico Juliansyah Selaku Wakil Ketua Sapma dan Adi Osman Ketua FKPPI.

Pantauan dilapangan, Aksi Solidaritas Kemanusiaan Kabupaten Simeulue Peduli Rohingya telah mengumpulkan sebanyak Rp. 20.493.000.- serta disepakati penyerahan hasil dari pengalangan dana diserahkan kepada ACT Aksi Cepat Tanggap. [Monanda Phermana]

KOMENTAR