54 Penyandang Disabilitas Tuna Netra Mendapatkan Bantuan Dari Baitul Mal Bireuen


author photo

21 Des 2017 - 17:55 WIB


NET ATJEH, BIREUEN ---Baitul Mal Kabupaten Bireuen Salurkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Netra. Penyaluran bantuan ini diserahkan langsung kepada yang bersangkutan,kepala Baitul Mal di kantor setempat, Kamis (21 Desember 2017).

Kepala Baitul Mal Bireuen, Tgk Murtadha Yusuf MA melalui Sekretaris Anwar S. Ag, MAP kepada Media ini mengatakan, para penyandang disabilitas ini berjumlah 54 dan berasal dari 11 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen yang tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Cabang Bireuen, setelah diverifikasi dan dinyatakan berhak atas bantuan tersebut.

Bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sejumlah Rp. 500 ribu per-orang, anggaran bantuan ini, bersumber dari dana infaq yang terkumpul di Baitul Mal Bireuen.

"Bagi yang tidak hadir karena berhalangan sakit, bantuan tersebut akan disalurkan ke rumah yang bersangkutan oleh petugas dari Baitul Mal," sebut Anwar.

Walaupun jumlah dana yang diberikan masih minim jika dibandingkan dengan kebutuhan para penyandang disabilitas ini, tetapi bantuan ini merupakan bukti kepedulian antar sesama.
"Diharapkan ini dapat meringankan biaya kebutuhan mereka, kita ketahui bahwa mereka agak susah dalam mencari rejeki, karena keterbatasan kemampuan yang mereka miliki," terang Sekretaris Baitul Mal Bireuen ini.

Menurut Anwar, bantuan yang disalurkan melalui Baitul Mal memang diperuntukkan untuk orang fakir miskin dan mereka itu termasuk di dalamnya dalam kelompok miskin.

Anwar mengaku kagum kepada para penyandang disabilitas tuna netra yang memiliki semangat pantang menyerah dalam mengarungi kehidupan sehari-hari.

"Meski kekurangan penglihatan, tapi itu semua tidak menjadikan mereka putus asa, mereka justru  bersemangat mengarungi kehidupan sehari-hari, mengalahkan kami yang normal," ujar Anwar.

Seorang penerima bantuan, Asmawati warga Kecamatan Kota Juang mengungkapkan, atas nama teman para penyandang disabilitas sangat berterima kasih kepada Baitul Mal Bireuen yang peduli kepada para tunanetra. 

"Terima kasih kepada seluruh unsur yang telah menyerahkan ZIS nya melalui Baitul Mal Bireuen, berapun besar bantuan yang kami terima hari ini, sangat berarti dan sangat membantu kami," terang Asmawati. (MS)

KOMENTAR