Erupsi Sinabung Sampai Tamiang, Warga Butuh Masker


author photo

19 Feb 2018 - 20:45 WIB


ACEH TAMIANG --- Gunung Sinabung yang meletus dan menyemburkan abu vulkanik mencapai setinggi lebih kurang 5.000 meter atau 5 kilometer (km), Senin (19/2), berdampak luas di daerah sekitar, khususnya wilayah Aceh Tamiang.

Abu vulkanik di Aceh Tamiang mulai terasa sejak siang tadi, Senin (19/2/2018). Daerah yag terkena dampak Kota Kuala Simpang Karang Baru dan daerah yang paling tebal paparan abu vulkanik yaitu Kecamatan Tenggulun, Bandar pusaka, Tamiang Hulu. 

Lani saputra warga Kota Kuala Simpang mengatakan, saat ingin berpergian ia melihat jok kendaraannya kotor. Awalnya ia anggap abu dari jalan akan tetapi saat di telusuri abunya beda dari biasanya warna keputihan dan kasar.

"Ini saya dapat pastikan kalau abu itu dari Gunung Sinabung," ungkapnya. 

Senada itu, Deray putra warga Pulau tiga mengungkapkan masyarakat disini telah mulai terganggu aktifitasnya akibat guyuran hujan abu yang diperkirakan berasal dari letusan Gunung Sinabung Kabupaten Karo, dan warga sudah mulai sesak nafas akibat terhirup abu Vulkanik.

"Hujan abu erupsi Gunung Sinabung menyebar di beberapa daerah di sekitar Pulau Tiga. Masyarakat membutuhkan bantuan masker, ini merupakan dampak yang paling terparah semenjak Sinabung Erupsi beberapa tahun yang lalu," tutupnya. (RM)
KOMENTAR