Senator Fachrul Razi Pemateri Seminar Nasional Perikanan di Wilayah I Sumatera


author photo

26 Feb 2018 - 12:09 WIB


LHOKSEUMAWE --- Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar Seminar Nasional Perikanan dan Kemah Riset Perikanan Wilayah I Sumatera di Aula Gor ACC Uteungkot, Lhokseumawe, Senin 26 Februari 2018.

Seminar bertema meningkatkan sumber daya manusia pada sektor Perikanan untuk menunjang Perekonomian Aceh,  menghadirkan pembicara Senator Aceh Fachrul Razi, MIP,  Sjarief Widjaja, Ph. D dan Zulfikar, Ph.D.

Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan Seminar bertujuan untuk membuka wawasan di bidang perikanan yang diikuti oleh mahasiswa perikanan yang ada di Sumatera.

"Nanti mahasiswa akan melakukan riset di wilayah Lhokseumawe dan ini menjadi langkah awal para akademisi dalam bidang perikanan," ujar Marzatillah.

Dirjen perikanan dalam pemaparannya menegaskan Pentingnya pengelolaan di bidang perikanan dimana Kegiatan penangkapan harua dikendalikan dan dikelolan secara benar dan bertanggung jawab.

Dosen Unimal Zulfikar, Ph.D memaparkan kalau indonesia arahnya poros Maritim dengan potensi SDA berupa hutan Mangrove dan wisata bahari serta cadangan minyak yang melimpah.

Sementara Fachrul Razi, MIP mengungkapkan, Pemerintah saat ini hanya berorientasi ke APBA dan APBK tanpa melirik sektor Laut.

Menurut Komite DPD 1 RI ini, Dalam MoU Helsinki dan UU PA, Pemerintah Aceh bisa mengelola Laut secara luas sampai 200 mil, tapi hal ini tidak tertata dengan baik.

"Dengan potensi kelautan yang sangat besar, dan dengan aturan yang sangat luas tapi kemiskinan tertinggi di alami Nelayan Aceh," ujar Senator Aceh ini. (*)
KOMENTAR