Staf Oprasi Korem 011 Lilawangsa Pantau Pelaksanaan UTPJ Babinsa


author photo

28 Feb 2018 - 18:18 WIB


LHOKSEUMAWE --- Staf Oprasi Korem 011/Lilawangsa melakukan pemantauan pelaksanaan kegiatan latihan Uji Keterampilan Perorangan Jabatan  (UTPJ) Babinsa yang digelar satuan Kodim 0103/Aceh Utara, di Lapangan Jenderal Sudirman Makorem 011/Lilawangsa, Kota Lhokseumawe, Rabu (28/2/2018).

Latihan uji keterampilan perorangan jabatan yang digelar selama 3 (Tiga) hari, diikuti oleh seluruh personel Babinsa Koramil di jajaran Kodim 0103/Aceh Utara dari mulai tingkat jabatan Bintara Pelatih Tata Urusan Dalam (Batih Tuud) hingga sampai dengan tingkat jabatan Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono melalui Kepala Seksi Oprasi (Kasiops) Mayor Inf Valiyan mengatakan, sebagai satuan atas Korem 011 yang membawahi satuan-satuan Kodim di jajaran, tentunya Korem bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan yang dilakukan para prajurit TNI di satuan bawah.

Diantaranya, dilaksanakan program latihan oleh seluruh Babinsa prajurit TNI Kodim 0103/Aceh Utara mengikuti kegiatan Latihan Uji Keterampilan Perorangan Jabatan (UTPJ). 

Berkaitan dengan bidang latihan, maka Staf Oprasi Korem 011/Lilawangsa memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan latihan tersebut.

Saat ini, satuan Kodim 0103/Aceh Utara melatih para prajuritnya melaui Uji Keterampilan Perorangan Jabatan dengan materi diantaranya: pengetahuan tentang teritorial pengumpulan data geografi, demokrasi dan kondisi sosial, serta menguasai dan mahir dalam melaksanakan pembinaan Komsos, pembinaan Karya Bakti TNI hingga sampai pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwawil) di Desa binaannya.

Selain dari pada itu, digelar latihan UTPJ dengan tujuan, selain sebagai modal pelaksanaan tugas nantinya di satuan Koramil wilayah masing-masing Kodim jajaran Korem 011, agar para Babinsa dapat melaksanakan tugas pokok tanggung jawabnya sebagai Pembina di Desa binaannya masing-masing dengan baik dan sesuai siklus latihan yang sedang dilaksanakan saat ini, pungkas Kasi Ops dalam melaksanakan perintah dari Komandan Korem. (*)
KOMENTAR