Pemkab Aceh Tamiang Buka Musrembang di Gedung DPRK


author photo

15 Mar 2018 - 21:18 WIB


ACEH TAMIANG --- Bupati Aceh Tamiang H. Mursil. M. Kn Menghadiri Musrenbang yang bertemakan "Kita Tingkatkan Akselerasi Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Menuju Masyarakat Aceh Tamiang yang sejahtera" di Gedung DPRK Aceh Tamiang, Kamis (15/03/2018).

H. Mursil. M. Kn, menyampaikan dalam pembukaan sambutannya, selain menyesuaikan dengan usulan, kecamatan harus merencanakan kerja dan hasil fikiran dari dasar dan pendapat lainnya, yang membangun. 

Musrenbang kabupaten ini harus mampu mengatasi berbagai permasalahan atau mampu mengurangi permasalahan yang ada sekaligus menjawab tantangan masa depan, setiap program dan kegiatan yang direncanakan harus sinerji dengan isu-isu strategis dan RPJMD, ungkapnya.

Selanjutnya, musrenbang ini bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dan mengklarifikasi usulan program dari tingkat kecamatan. 

Selain itu, mempertajam indikator dan target kerja, menyepakati prioritas daerah,serta mendapatkan masukan akhir untuk menyusun RKPD Kabupaten, tutupnya

Ir. Adi Darma. M. Si dalam sambutannya menyatakan, musrenbang ini bertujuan untuk prioritas pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan, mempertajam indikator dan target kinerja kegiatan prioritas kabupaten dan menyepakati prioritas pembangunan daerah dengan rencana kerja dan pendanaan.

Program dilaksanakan melalui proses perencanaan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan mendayagunakan sumberdaya yang ada secara efektif dan efesien untuk mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Kegiatan ini berdasarkan UU RI Nomor 4 tahun 2002 tentang pembentukan Kabupaten di Provinsi Aceh, UU RI tentang Keuangan Negara Nomor 17 tahun 2003 dan UU RI Nomor 25 tahun 2005 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Di kesempatan tersebut Fadlon SH selaku Ketua DPRK Aceh Tamiang juga menyampaikan, Dalam proses penyelenggaraan perencanaan pembangunan harus dapat memberikan arah bagi peningkatan pembangunan sosial ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, diperlukan adanya sinkronisasi antara kita eksekutif dan legeslatif dengan rencana kegiatan Kecamatan atau usulan masyarakat, tutupnya

Acara ini dihadiri bupati aceh tamiang H. Mursil. M. Kn, Ketua DPRK berserta , Kasdim 0117/ATAM, Ketua MPU,  Unsur Kejaksaan Negeri Kualasimpang, anggota DPR Aceh, Kepala Bappeda Provinsi Aceh, Kepala Bappeda Aceh Tamiang, Para Kepala Badan, Kepala Dinas, Para Kepala SKPK, Para Camat, Para Mukim, Para Datok, dan tokoh masyarakat. (Rahmah)
KOMENTAR