Denkesyah IM 04.01 Lhokseumawe Lakukan Fogging


author photo

16 Mar 2018 - 19:28 WIB


LHOKSEUMAWE -- Meningkatnya pasien di Rumah Sakit (Rumkit) TNI-AD Kesrem Lhokseumawe, prioritas utama penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Maka satuan Detasemen Kesehatan Wilayah Iskandar Muda (Denkesyah IM) 04.01 Lhokseumawe melakukan Fogging di Seputaran Asrama dan Kantor Staf Makorem 011/Lilawangsa, Jumat (16/3/2018).

Dalam siaran persnya Komandan Detasemen Kesehatan Iskandar Muda (Dandenkesyah IM) 04.01 Letkol Ckm Wawan Supandi SKM, S. Keo, M. Kes mengatakan, dilakukan Pogging selain program TW II Denkes, bertujuan dalam suatu usaha cara membasmi nyamuk yang dapat menyebarkan virus melalui gigitan nyamuk yang akhir ini sangat meningkat Demam Berdarah.

Dandenkesyah 04.01 Letkol Ckm Wawan Supandi SKM, S. Keo, M. Kes menyebutkan, Menurutnya Demam berdarah dengue (DBD) adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Kemudian Infeksi dari virus tersebut akan menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam.

"Ada beberapa penyakit tahunan yang kerap melanda saat musim hujan tiba. Salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBB), maka satuan Denkesyah Lhokseumawe melakukan aktivitas fogging yang bertujuan untuk memberantas penyebaran nyamuk aedes aegypti, begitu juga harus membuang genangan air yang tidak terpakai, seperti kaleng dan botol-botol yang ada airnya", pungkas Dandenkes Lhokseumawe.

Diharapkan, dengan dilakukan Foging melalui l penyebaran kabut/asap tebal (Global Warming), dan dari aroma yang menyengat nantinya akan berpengaruh pada binatang-binatang kecil seperti nyamuk.

"Biasanya nyamuk akan mati begitu saja, dan kita dapat terhindar dari serangan penyakit DBD, tingkatkan kesadaran akan keberhasilan lingkungan, begitu juga bahwa sehat itu penting", pungkas Dandenkes Lhokseumawe. (*)
KOMENTAR