Lemahkan Kewenangan LWN, Fachrul Razi Minta JK Interversi Mendagri


author photo

21 Mar 2018 - 06:45 WIB



JAKARTA --- Fachrul Razi meminta Wakil Presiden untuk dapat mengintervensi kebijakan pusat melalui Mendagri yang masih melemahkan kewenangan Lembaga Wali Nanggroe (LWN).

Hal ini dikatakannya dalam pertemuan khusus dengan Wakil Presiden Jusuf Kala yang juga dihadiri Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Machmud Al Haytar, Mualem H. Muzakir Manaf, Kamaruddin Abubakar (Aburadak) Sekretaris Jenderal PA Pusat, H. Fachrul Razi, MIP (Senator DPD RI Asal Aceh), Dr. Rafiq (Staf Khusus Wali Nanggroe), di ruang kerja Wapres Jusuf Kala, Selasa, 20 Maret 2018. 

"Kebijakan pusat melalui Mendagri masih melemahkan kewenangan Wali Nanggroe baik secara wewenang maupun anggaran sehingga berpengaruh terhadap kinerja dan keberadaan Lembaga Wali Nanggroe di Aceh," ujar DPD RI asal Aceh ini melalui sambungan telepon.

Selain itu, Fachrul Razi juga menjelaskan beberapa masalah yang berkembang berkaitan dengan turunan UUPA yang belum selesai seperti Bendera Aceh serta kendala dan hambatan implementasi PP Migas dan PP kewenangan Aceh termasuk Perpres Pertanahan di Aceh. 

"Saya meminta intervensi Wakil Presiden untuk membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi di Aceh, terkait turunan UUPA," pungkasnya. (*) 
KOMENTAR