Lomba Menembak Eksklusif Ajang Bergengsi di Lanud SIM


author photo

26 Mar 2018 - 18:03 WIB


BANDA ACEH --- Bertempat di lapangan tembak Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Senin (26/3), seluruh personel mengasah kemampuan menembak baik dengan laras panjang maupun pendek. Selain bersifat penyegaran, Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda Letkol Pas Khairul Arifin selaku koordinator kegiatan juga menjadikan kesempatan ini sebagai lomba menembak eksklusif yang diikuti setiap staf di Lanud Sultan Iskandar Muda.

Disamping latihan rutin, menurut Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda, kegiatan menembak menjadi salah satu ajang bergengsi perorangan baik Lanud Sultan Iskandar Muda maupun Kompi C Yonko 469 Paskhas yang memperebutkan hadiah menarik dikemas dalam rangkaian kegiatan Bulan Dirgantara Lanud Sultan Iskandar Muda. 

Sebelum memulai kegiatan, Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda menjelaskan latihan yang dibalut perlombaan menembak eksklusif merupakan bentuk pembinaan dalam mengasah kemampuan menembak perorangan dengan senjata laras pendek kemudian dilanjutkan softbriefing untuk menyegarkan kembali tahapan sebelum dan sesudah menembak. Ikuti instruksi dari pelatih ataupun instruktur di lapangan agar kegiatan dapat berjalan lancar," katanya.

Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., yang turut berlomba menegaskan kepada peserta dan panitia agar saling mengingatkan budaya safety saat memegang senjata karena menggunakan peluru tajam. 

Latihan menembak sudah sering kita lakukan dan tentunya sudah familiar dengan senjata yang dipergunakan, tetapi jangan lengah untuk selalu mengutamakan safety saat mengunakannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan,"ucapnya. 

Seandainya ada kesulitan, lanjtutnya, jangan memaksakan untuk mengatasinya sendiri tetapi sampaikan kepada instruktur agar dibantu mengatasinya.Kegiatan menembak kali ini, terpasang papan lisan tembak jarak 100 meter, dimana 3 peluru sebagai percobaan, 20 butir peluru dengan tiga sikap, sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan senjata laras panjang jenis SS1. 

Sedangkan yang diperlombakan menggunakan senjata laras pendek jenis Glock 42 dan G2 Combat, jarak tembak 20 meter dari papan lisan dimana 3 peluru sebagai percobaan dan 10 peluru sebagai penilaian. Untuk juara akan diumumkan saat acara puncak HUT Ke-72 TNI Angkatan Udara, 9 April mendatang, ujar Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda.
KOMENTAR