Miniatur Pesawat Ramaikan Bulan Dirgantara Lanud SIM


author photo

29 Mar 2018 - 16:36 WIB


BANDA ACEH --- Puluhan miniatur pesawat penuhi GOR Praka Sutrisno Lanud Sultan Iskandar Muda. Kamis (29/3), dalam rangka Bulan Dirgantara yang diselenggarakan Lanud Sultan Iskandar Muda guna menyambut HUT Ke-72 TNI Angkatan Udara pada 9 April mendatang. 

Sekilas mirip dengan aslinya, pesawat Hercules, Hawk 100/200, F-16, Sukhoi, Cassa, Dakota, Cureng adalah hasil karya siswa-siswi sekolah di wilayah Aceh dengan memanfaatkan limbah daur ulang dimana sebanyak 37 peserta mengikuti lomba miniatur pesawat.

Kreatifitasnya patut diacungi jempol dan miniatur pesawat yang diperlombakan seperti pesawat asli, kata Letda Tek Syaiful Mikdar selaku koordinator kegiatan saat registrasi ulang peserta lomba. Saat penilaian terlihat para peserta antusias menunggu giliran hasil karyanya dinilai, salah satunya Fadhiansyah siswa SMA 12 Banda Aceh. 

Ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba miniatur pesawat, agak grogi tetapi bismillah semoga diberikan yang terbaik, katanya sambil tersenyum memegangi pesawat F-16 buatannya yang memiliki panjang sekitar 20x10 cm berbahan kayu. Lamanya pengerjaan selama satu minggu, tidak mengurangi semangatnya untuk menciptakan hasil karya terbaik dengan bimbingan guru pendamping.

Usai penilaian, Kadispers Lanud Sultan Iskandar Muda Letkol Adm Elvan Zunaidi mengapresiasi hasil karya siswa-siswi dan tidak menyangka animo peserta cukup banyak. Ini sebagai gambaran bahwa potensi kedirgantaraan bagi generasi muda di Aceh cukup besar dan lomba ini menjadi catatan penting bagi kami untuk menjadikannya sebagai program kegiatan kedepan,"katanya. 

Sebagai salah satu juri, menurutnya cukup sulit menentukan nilai dan pemenang karena dilihat dari aspek kreatifitas, kerapian dan proporsional semuanya masuk dalam kriteria juara. Namun, lanjutnya, menang kalah itu hal wajar untuk menjadi lebih dewasa, semangat berkarya dan pantang menyerah untuk menciptakan hasil karya yang lebih baik.

Melalui diskusi dan perdebatan yang cukup alot, dewan juri memutuskan Juara I Haris Hudayatullah dan Mansur dari SMKN 12 Banda Aceh, Juara II Zahfirun Nadhil dari MAN 3 Banda Aceh, Juara III Fadhiansyah dari SMA Negeri 12 Banda Aceh dan Juara IV M. Fareel Al Fais dan M. Jovier Adam dari SMP Negeri 3 banda Aceh. Untuk penyerahan hadiah, tambahnya, akan dilaksanakan pada 9 April mendatang saat puncak acara HUT Ke-72 TNI Angkatan Udara di Lanud Sultan Iskandar Muda. (R)
KOMENTAR