Dinas Pertanian Bireuen dan Dandim Giat Tanam Perdana Kacang Kedelai di Desa Salah Sirong


author photo

5 Apr 2018 - 08:16 WIB


BIREUEN --- Dinas Pertanian dan perkebunan Bireuen bersama Dandim 0111/Bireuen, melakukan kegiatan tanam perdana kecang kedelai kelompok Tani di Desa Salah Sirong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. 

Kegiatan Tanam kacang kedelai di lahan kebun kelompok tani yang sudah disediakan kelompok seluas 355 hektar, Rabu (4/4/2018).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen Ir. Alie Basyah, M. Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bireuen.

Harus kita mulai dengan berhasilnya semua kelompok tani dalam mengelola lahan sehingga menghasilkan surplus baik itu di lahan sawah yaitu bertanam padi maupun komoditas holtikultura lainnya seperti kacang kedelai yang akan kita tanam pada hari ini, sebut Alie Basyah.

"Saya harapkan kepada para menteri tani, penyuluh maupun Babinsa agar senantiasa berkordinasi dan bekerja sama dengan kelompok tani agar semua kendala yang ada di lapangan dapat di atasi sedini mungkin agar petani kita terhindar dari puso atau gagal panen dan menderita kerugian," lanjutnya.

Saya berharapkan motivasi dan semangat yang tinggi dari kelompok tani untuk lebih gigih memperhatikan dan merawat tanaman kedelai ini dan apabila ada kendala dilapangan dapat dilaporkan langsung kepada menteri tani maupun kepada babinsa agar dapat kita atasi sedini mungkin permasalahan yang ada, sebutnya lagi.

Semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini sebagai awal yang baik dan kita sama - sama mengharapkan pada saat panen perdana nanti kita masih bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi dengan hasil yang membanggakan, terang Alie Basyah.
Sementara Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda. S.E., M. M., M. Sc berharap kepada kelompok tani desa salah sirong ini supaya dapat merawat dan menjaga kacang kedelai yang baru ditanam secara perdana ini.

Jika kelompok tani mampu merawat kacang kedelai ini dengan baik maka hasilnya panen nanti pasti memuaskan, dengan adanya kacang kedelai ini supaya masyarakat tani desa salah sirong ini dapat peningkatan taraf ekonomi masyarakat tani kedepan, terangnya. (MS)  
KOMENTAR